Cara Membuat Bootable Windows Dengan Rufus [Terupdate]

Membuat bootable Windows dengan Rufus – Sudah tau apa itu Rufus? jika belum mungkin pembahasan singkat dari kami akan bermanfaat buat kamu yang lagi mencari software untuk membuat sebuah bootable. Ya, Rufus merupakan sebuah software gratisan yang dapat digunakan untuk membuat sebuah bootable windows.

Lalu apa itu bootable? bootable sendiri merupakan sebuah media bisa hardisk, dvd, maupun flashdisk yang di dalamnya tersimpan sistem operasi seperti windows. Tujuan pembuatan sebuah bootable biasanya adalah untuk keperluan install ulang komputer maupun laptop.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat sebuah bootable, namun kali ini kita akan membahas cara paling mudah dan efisien membuat bootable windows dengan Rufus dan menggunakan media penyimpanan flashdisk. Sebelum lanjut ke cara pembuatannya kita lebih baik kenal dulu apa itu software Rufus lebih dalam.

Mengenal Apa Itu Rufus?

Rufus merupakan software gratisan yang di gunakan untuk membuat sebuah bootable windows yang digunakan untuk keperluan intall ulang sebuah laptop maupun komputer. Di ciptakan tahun 2011 dan memiliki lisensi GPLv3.

Mensupport banyak pilihan bahasa dan yang terpenting support dengan bahasa Indonesia yang akan memudahkan kamu untuk penggunaannya.

Minimal sistem operasi yang dapat menjalankan Rufus adalah Windows 7 atau yang lebih tinggi.

Apa Fungsi Dari Rufus?

Sebelumnya sudah kita sampaikan bahwa fungsi Rufus adalah membuat sebuah bootable yang dapat disimpan di sebuah media seperti flashdisk. Namun ternyata fungsi Rufus tidak hanya itu saja.

Berikut adalah beberapa fungsi dari Rufus

  1. Dapat membuat media instalasi USB dari file ISO (Windows, Linux, UEFI, dll)
  2. Dapat digunakan untuk instalasi komputer/laptop yang belum memiliki sistem operasi (DOS)
  3. Dapat melalukan format yang tidak berbahaya pada kesehatan Hardisk ataupun sistem penyimpanan lainnya karena berjalan di low-level untility
  4. Dapat di gunakan untuk flash BIOS ataupun Firmware dari DOS

Membuat Bootable Windows Dengan Rufus

Sebelum membuat bootable windows dengan Rufus kamu sudah harus memiliki file ISO dari Windows yang akan kamu jadikan bootable.

Kamu bisa mendownloadnya melalui website resmi microsoft atau dengan mendownload dari pihak ketiga. Jika masih bingung kamu bisa ikuti panduan Cara Download ISO Windows 10 Resmi Microsoft yang sudah kami siapkan.

Pada pembuatan bootable ini, kami akan menggunakan file iso dari windows 10.

  1. Download Rufus di website resminya [link download]
  2. Masukkan flashdisk yang akan di gunakan untuk membuat bootable, minimal flashdisk harus 8GB
  3. Buka aplikasi Rufus yang sudah di download tadi, lihat pada gambar di bawah bisa kita lihat di pilihan Device sudah terbaca FLASHDISK (F:) [32 GB] yang menandakan bahwa Rufus akan secara otomatis mendeteksi flashdisk yang terpasang di komputer/laptop kita.
    Membuat Bootable Windows Dengan Rufus | Prassevo
  4. Boot selection pilih Disk or ISO image lalu klik SELECT. Selanjutnya pilih file Windows 10 yang sudah kita siapkan.
  5. Image option pilih Standard Windows instalation
  6. Partition scheme pilih MBR, selanjutnya Target system akan otomatis menjadi BIOS (or UEFI-CSM)
  7. Volume label, bisa di isi dengan nama windows yang kamu buat atau nama kamu, intinya bebas ini hanya sebagai pengingat saja kalau isi flashdisknya adalah windows 10. Di sini kami akan isi dengan “Windows 10 Pro x64 by Prassevo”
  8. File sytem akan otomatis terpilih NTFS jika langkah yang kamu pilih dari awal sudah benar
  9. Cluster size, biarkan default di 4096 bytes
  10. Centang Quick format & centang juga create extended label & icon files
  11. Jika sudah di bagian bawah akan bertuliskan “READY”. Kamu tinggal klik “START” untuk memulai proses pembuatan bootable. Lihat gambar di bawah untuk lebih gampangnya. Kamu tinggal samakan settingannya.
    Membuat Bootable Windows Dengan Rufus | Prassevo
  12. Tunggu prosesnya sampai 100% dan tulisan READY menjadi berwarna hijau, itu menandakan kalau kamu sudah berhasil membuat bootable windows dengan rufus. Terakhir kamu bisa CLOSE program rufus.
    Membuat Bootable Windows Dengan Rufus | Prassevo

Kesimpulan

Bagaimana menurut kamu mudah bukan membuat bootable windows dengan Rufus? tentu saja sangat mudah. Berikutnya kamu hanya perlu melakukan proses install ulang di komputer/laptop kamu dengan bootable yang sudah kamu buat.

Bagaimana caranya? Kamu bisa melihat tutorial kami tentang Cara Install Ulang Windows Dengan Flashdisk. Yang tentunya akan sangat mudah dan efisien.

Komentar jika kamu ada saran atau masukan untuk kami. Jika kamu memerlukan video tutorial Cara Membuat Bootable Windows Dengan Rufus, kamu bisa menontonya di channel youtube kami.

Terima kasih dan salam.

 

Share on:

Tinggalkan komentar